FEP & HTTP

FEP yang merupakan singkatan dari Freshmen Enrichment Program adalah program Binus University dalam rangka penerimaan mahasiswa baru yang bertujuan agar mahasiswa baru dalam membiasakan diri dengan kehidupan baru di dunia perkuliahan. FEP dibagi menjadi General Orientation, inagurasi  dan Academic Orientation. General Orientation adalah program perkenalan berbagai fasilitas yang diberikan oleh Binus University seperti bunga rampai,EXPO yang merupakan pameran UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dan masih banyak lagi. Sedangkan Academic Orientation adalah program bagi mahasiswa baru Binus University yang bertujuan agar mahasiswa baru Binus University dapat mengukur kemampuan dasar mereka dalam dunia perkuliahan.

Sesi pertama disambut dengan adanya kegiatan GO atau Genereal Orientation, yaitu kegiatan yang menjelasakan sistem perkuliahan di Bina Nusantara, pada kegiatan tersebut,  para mahasiswa dipersilahkan untuk berkenalan dengan mahasiswa lainnya, dengan adanya kegiatan kerja kalompok dan pembuatan yel – yel tiap kelas, dapat mempererat bersahabatan dan kekompakan para mahasiswa. Pembagian kelompok yel – yel yaitu berdasarkan jurusan masing –  masing mahasiswa. Untuk sesi ini berakhir tanggal 20 agustus.

Untuk mahasiswa yang memiliki nilai inggris yang kurang dari 450 poin wajib mengikuti  pelajaran tambahan di Bina Nusantara, sesi ini disebut EF atau English Foundation. English Foundation berlangsung selama 1 minggu, yaitu tangga l 21 – 27 agustus.

Sesi kedua adalah inagurasi, inagurashi adalah sesi penyematan mahasiswa bahwa sudah selesainya General Orientation , para mahasiswa mengenakan almameter dari Bina Nusantara saat acara berlangsung, setelah itu para mahasiswa sudah resmi menjadi Binusian 2020.

Sesi tiga dilanjutkan dengan AO atau Academic Orientation, sesi ini para mahasiswa mendapatkan materi kuliah, dimana kita diajarkan dasar – dasar pelajaran, sesuai dengan jurusan masing  – masing sebelum mahasiswa baru menghadapi dunia perkuliahan.

Lalu disamping FEP ada kegiatan lain bertemakan teknik informatika bernama HTTP 2016 (Himti Togetherness and Top Performance) dimana acara tersebut dikhususkan bagi mahasiswa baru Binus University angkatan 2020 jurusan teknik informatika yang dimana HTTP merupakan acara yang sangat seru dan diisi dengan kegiatan fun selama sehari penuh. Acara dimulai dengan penampilan band yang bertema jazz yang sangat merdu dilanjutkan dengan penampilan video oleh salah satu dosen Binus University mengenai 6 traits that were ways to success (6 jalan menuju kesuksesan) dan visualisasi oleh himti yang bertemakan tentang kehidupan mahasiswa baru Binus University dan perjalanan mereka yang penuh pertentangan namun semua berakhir dengan indah. Di akhir acara, himti mengundang DJ Angello untuk memeriakan acara akhir HTTP.

Yogha Andrian

NIM 2001557640

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *